Posted by: blograsacola | June 7, 2008

Mig33 VS Bing

Akhir-akhir ini, chatting via Handphone (HP) semakin merebak, banyak anak remaja dan juga orang dewasa yang mulai mengalihkan kegiatan mijit-mijit tombol HP mereka, dari yang semula ber-SMS ria, sekarang menjadi ber-chatting ria.
Sebenarnya, apa yang menyebabkan chatting menjadi begitu populer akhir-akhir ini? Satu hal, karena belakangan biaya GPRS makin murah.. Indosat menetapkan tarif Rp 1,1/kb, bahkan Axis sempat gratis sampai akhir Mei kemarin..
Begitulah, akibatnya, mig33, Nimbuzz, EQO, Bing, dan aplikasi lainnya yang mendukung fasilitas chatting menjadi incaran banyak orang. Diantaranya yang paling terkenal ialah Mig33.
Mig33 menyediakan layanan chatting yang free, dan memiliki fitur-fitur unik yang membuat banyak orang tergila-gila. Misalnya, fasilitas ‘kick’ di room, yang memunculkan banyak aplikasi pendukung, seperti multinick MCC, FMPC, dll. Serta banyak fitur-fitur lain yang “tersembunyi” dan membuat ‘penasaran’ para penggunanya.
Walaupun demikian, masing-masing aplikasi yang mendukung fasilitas chatting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan mig33 telah disebutkan diatas, sedangkan kekurangannya yaitu, beberapa fasilitas tidak “free” alias berbayar. Misalnya, fasilitas send mail, buzz, dan kick. Dan kita membayarnya menggunakan credit yang bisa kita beli dari para merchant.
Aplikasi yang lain ialah Bing Messenger, yang baru-baru ini mengeluarkan versi terbarunya, Bing v.2.2.2. Kelebihan bing ialah, data yang terkirim dan diterima tidak terlalu besar.. (rincian di artikel terpisah) sehingga, walaupun menggunakan Telkomsel yang notabene GPRSnya lumayan mahal (Rp 12/kb klo ga salah), masih dapat dijangkau. Fitur lainnya ialah fasilitas wake up (yang sangat berguna dan tidak bayar), yang tidak saya temukan di mig33 maupun di Nimbuzz.
Walaupun memang, fitur-fitur yang ditawarkan Bing Messenger ini tidaklah terlampau banyak. Misalnya, tidak adanya fasilitas room, send mail (walaupun tidak perlu, karena tidak seperti mig33, bing akan menyampaikan chat walaupun si penerima dalam keadaan offline, dan akan diterima ketika si penerima online kembali), dan insert emoticons.. (wlopun Bing mendukung beberapa emoticon tetapi tidak banyak, ada di artikel terpisah).
Begitulah, smua hal ada kekurangan dan ada kelebihan,, pada saat ini, ketika Indosat masih ‘berbaik hati’ dengan tarif GPRS murahnya, mig33 memang layak menjadi aplikasi chatting favorit.
Tapi, seandainya tarif GPRS melonjak kembali, seperti halnya harga BBM yang tak terkendali, Bing bolehlah menjadi pilihan kita… tapi, tak tertutup kemungkinan sekarang pun kita menggunakan Bing Messenger, toh, hemat itu pangkal kaya…
At least, have a nice chat!!! n_n


Responses

  1. tp kan termasuk gratizzzz


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: